Kamis, 14 Januari 2010

berprestasi dengan sepeda BMX

01/12/2007 09:37

Liputan6.com, Jakarta: Jangan menganggap sepeda jenis BMX hanya untuk mainan dan alat transportasi anak kecil. Kini banyak perkumpulan yang menjadi wadah bagi mereka yang menggemari sepeda BMX dengan trik atau disebut freestyler. Bahkan lewat BMX, prestasi dapat diukir baik tingkat nasional maupun internasional.

Learning by doing, tampaknya istilah itu tepat digunakan bagi freestyler BMX. Makin lama mereka berlatih trik, maka kemampuan dalam menguasai teknik terus meningkat. Kalaupun belum mampu menguasai trik, setidaknya para freestyler bisa meningkatkan keseimbangan, faktor utama yang harus dikuasai sebelum belajar trik.

Sedangkan untuk belajar trik biasanya tidak membutuhkan waktu lama. Kebanyakan para freestyler bisa menguasai teknik-teknik sederhana hanya dalam sepekan. Kecuali pada tiga trik yang dikenal memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Di antaranya three sixty (putaran vertikal 360 derajat), Back Lift (putaran horizontal 360 derajat), dan tailwhip (memutar badan sepeda).

Butuh keberanian sepekan sampai dua pekan untuk bisa melakukan teknik itu. Namun setelah keberanian diperoleh, trik bisa dilakukan hanya dalam sehari bahkan dalam hitungan jam. Namun berhati-hatilah bila ingin mencoba jenis olahraga ini. Sebab, semua jenis olahraga termasuk bersepeda BMX tidak luput dari cedera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar